Sunday 6 September 2015

Pengalaman Saya Tinggal di RUSUNAWA UNDIP Tembalang

        Assalamu'alaikum wr wb
Bertemu lagi dengan saya, dan kali ini saya akan curhat tentang apa yang saya rasakan setelah setahun tinggal di Rusunawa UNDIP. Rusunawa ini semacam asrama buat mahasiswa undip baik mahasiswa baru maupun mahasiswa lama, baik mahasiswa berstatus bidikmisi maupun non bidikmisi.
Awal saya ke memilih tinggal di Rusun ( nama populernya ) karena saya belom dapat tempat kos, padahal tinggal hitungan hari saya akan masuk kuliah. OMG , waktu itu saya panik apalah-apalah cetar membahana. Dan akhirnya saya menghubungi pihak rusunawa untuk reservasi kamar. dan Alhamdulillah masih ada kamar. ye ye la la la
Awal tinggal disini saya merasa sangat betah karena fasilitasnya lengkap banget, jauh dari fasilitas yang disediain ama orang tua di rumah. Ada wifi, penjagaan non stop, banyak teman, kamar mandi dalam, dll. Bagi saya ini awal yang luar biasa untuk beradaptasi di kota baru.
Saya cukup akrab dengan 3 teman, sebut saja M, G, dan P. kita semua beda jurusan, ada anak Hukum ( calon penegak hukum di negeri ini, semoga berkah), ada anak teknik Arsitektur ( wowfull dahhh), ada anak teknik perkapalan ( ini nih yg apalah-apalah cetar membahana ) dan saya sendiri anak Matematika ( wkwkwwk, scientist muda bangsa ).
Hobi kita main games dan nonton film , upssss. Bukan kita semua sihhhhh, kecuali aku. Aku kan anaknya pendiam, jadi cuma duduk dipojokan diam, main sosmed, browsing sambil liatin mereka main games. Yang paling aku suka tuh waktu temen aku anak hukum main gitar. Rasanya pengen nyanyi kaya biduan-biduan dangdut pantura, tapi apalah daya suara saya jelek, fals, dan cempreng maksimal. HUAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA
Setelah beberapa bulan saya merasa gak betah tinggal dirusun karena gak tau kenapa udah gak nyaman, tapi saya paksain buat betah. Dan akhirnya perjuangan pun selesai ketika akhir semester 2. Saya pun mencari kos baru. dan JRENG JRENG JRENG . Harga kos diluar sana mahal bingits cyinnnn. Dua kali lipat biaya sewa rusunawa. Dan akhirnya aku pun tinggal dirusunawa lagi . yahhhhhhhhhh, sebenarnya sih gak mauuuu. tapi mau gimana lagi, udah minim kesempatan buat tinggal diluar. harganya itu lohhhh. mahal begindang ternyata buat kos.
Yang saya gak suka sih, kurangnya rasa kekeluargaan di rusun, masih pada egosentris gitu lahhh. Apadaya saya orangnya pendiam cuma bisa melihat dan merasakan. Padahal banyak orang dari latar belakang berbeda tinggal disini, tapi ya begitu adanya. Andai saja semua bisa bersama dalam suka duka suasananya pasti lebih luar biasa. Acara makrab yang diadakan dirasa kurang efektif, gak tau kenapa. Apa karena masalah beda jurusan jadi kepentingan nya berbeda, atau gak tau kenapa. Saya sendiri masih bingung sampai sekarang dengan sikap orang yang tinggal di rusun, atau memang seperti ini lah orang yang tinggal dirusun atau di apartemen atau dihotel. Pada mikirin apa yang ada di kamarnya sendiri. ouwchhhhhhhhhhhh. I don't like it
Berharapnya sih rasa kesadaran akan kekeluargaan bagi siapa aja ( beda asal, beda jurusan, dan beda fakultas) itu ada untuk terwujudnya rusunawa undip yang lebih harmonis. setidaknya ini yang saya rasakan di rusun gedung B, dan denger'' gedung lain juga ada yang seperti itu, tapi gak semua. mungkin ini cuma yang dirasakan orang-orang pendiam seperti sayaaaaaa ini...
Cukup dulu ya,,, capek ngetik dan pegelll ...

Wassalamu'alaikum wr wb

Berikut adalah foto didalam kamar digedung B ( Mungkin gedung C dan D juga seperti ini, namun gedung A berbeda )- kamar mandi - wc - kamar - dapur

ini kamar mandinya, untuk toilet buat buang aer ada sendiri gan. jadi ada 2 kamar mandi dalam satu kamar.
ini kamar ane dan kawan ane, belum dirapiin jadi ya seperti ini
ini mini dapur, buat masak-masak mie lah, hehehe. anak kos gan
ini gedung B kalo difoto dari depan kamar ane

67 comments:

  1. Kak bisa liat bagian dalem rusunawanya ga? Kamar, kamar mandinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya dek, sudah saya tambahkan foto. Tapi mohon maaf, saat memotret kamar sedang berantakan dan belum dibersihkan. Mungkin kalo lebih rapi lagi akan terlihat lebih enak dipandang, dan luas.

      Delete
    2. Kalo mau nambahin tv sendiri boleh ga kak? Di rumah ada tv nganggur nih wkw

      Delete
    3. Boleh dek, tambahin aja alat elektronik sesuka. tapi inget daya listrik, kadang suka down kalo terlalu banyak yg nyala. saya pernah nyetrika, kompor listrik nyala,magic com nyala dan ngisi baterai 2 laptop malam hari listrik langsung down pas nambhin panas di kompor listrik

      Delete
  2. Kak bisa liat bagian dalem rusunawanya ga? Kamar, kamar mandinya

    ReplyDelete
  3. Kak ini khusus untuk mahasiswi bidikmisi aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kagak, mahasiswa non bidikmisi pun bisa. biasanya kalau yg nonbidikmisi langsung bayar diawal gitu. kalau yg bidikmisi bisa diakhir semester.

      Delete
  4. Kak cara daftar ke rusunawa gimana? Ada contact person ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Informasi lebih lanjut hubungi :
      Rusunawa Undip Jl. Prof . Soedarto, SH Kampus Undip Tembalang
      Telp. 024 - 76482658
      Joni : 08564191197
      Geri : 081575767711

      *saran
      hubungi pak geri aja

      Delete
    2. Tata cara pendaftaran :
      1. Mendaftarkan diri ke BP-Rusunawa Undip dengan melengkapi persyaratan sebagai berikut :
      Mengisi formulir biodata
      Melampirkan foto copy KTM
      Pas photo ukuran 3 X 4 sebanyak 1 lembar.
      2. Membayar biaya sewa kamar dan biaya pemakaian listrik untuk setiap orang sebagai berikut:
      Biaya sewa kamar sebesar Rp. 200.000/bulan untuk gedung A dan Rp.300.000/bulan untuk gedung B/C/D bisa dibayarkan untuk 4 bulan/6 bulan/11 bulan, melalui Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu Undip Tembalang. GNC Pos Kredit Rusunawa No. rek. 136-000-66-44-70-9
      Sebelum melakukan pembayaran /transfer dimohon untuk konfirmasi mengenai ketersediaan kamar.
      Pembayaran via teller Bank Mandiri (tidak ATM) demi memudahkan pengecekan.

      Delete
    3. Untuk tagihan listriknya itu masuk kedalam harga sewa atau tersendiri

      Delete
  5. kak apakah semua yang bidik misi harus di rusun ? kak sewa di rusun di itung per tahun ? per semster? atau per bulan ? , dan berapa harganya. terima kasih kak

    ReplyDelete
  6. Anak Bidikmisi gak wajib tinggal di rusun , boleh kos diluar. untuk sewa diitung pertahun, tahun pertama dihitung 11 bulan, dan tahun berikutnya kalau mau lanjut dihitung 12 bulan. harga untuk gedung A 200k/bulan dan gedung B/C/D 300k/bulan. sistem pembayaran dapat ditanyakan ketika mendaftar. Gedung A dan B untuk cowok, sedangkan C dan D untuk cewek.

    ReplyDelete
  7. setau saya, pendaftaran sudah sejak penerimaan snmptn. n amun fixs masuk atau enggaknya nunggu penghuni lama pindah atau tetap tinggal.
    sekamar dihuni 2 orang.

    ReplyDelete
  8. kak kalo daftar abis verifikasi kira kira bisa ga ya ?

    ReplyDelete
  9. selama masih ada kamar kosong, daftar kapan saja bisa

    ReplyDelete
  10. kak kamar mandi nya di dalam kamar apa luar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk cewek kamar mandinya didalam kamar dek

      Delete
    2. fasilitas di dalam kamar apa aja kak?

      Delete
  11. Mau tanya nih kak, kalau mau tinggal dirusunawa kan satu kamar untuk 2 orang, nah kalau ada anak dari luar daerah dan gak ada teman/kenalan buat di ajak tinggal dirusunawa gimana? Apa ada solusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti diacak dek, semacam diplotin dari mereka (dibagi dari pengurus rusunawa). sekamar 2 orang kalau sudah ada teman bisa ngetag teman tersebut untuk diminta 1 kamar, kalau belum ada teman nanti dibagi terserah dari pengurus rusun.

      Delete
    2. fasilitas di kamar apa aja kak?

      Delete
    3. Di kamar ada kasur, lemari, meja belajar,kursi, ada tempat buat jemur, kamar mandi 2 (wc yang terdapat closet dan kamar madi buat madi), mini pantri

      Delete
  12. Kak kalau dirusun nawa itu bisa sampek 4 tahun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dek, asal bayar tepat waktu tiap tahunnya, dan tidak membuat masalah hingga membuat penghuni dikeluarkan dari rusunawa.

      Delete
  13. Mas, itu kalo disewa harian boleh ga ya?

    ReplyDelete
  14. Mas, itu kalo disewa harian boleh ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setauku boleh, ada ruangan tersendiri untuk buat nginep harian, harga dan fasilitas beda

      Delete
  15. Khusus s1 sja atau bisa juga s2 kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. s2 boleh, karena aku pernah ketemu kakak yang s2 tinggal dirusun juga

      Delete
  16. Kak, aku coba hubungi cp yang diatas (pak gery & pak joni) tapi dua2 nya gabisa dihubungi, ada kontak yg lain gak kak? Aku mau nyewa buat seminggu, buat daftar ulang aja kak senin ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf dek baru buka. Sya blom ada kontak lain, bisa tanya ke grup rusunawa undip.

      Delete
    2. Bisa tolong kasih tau nama grup rusunawa undip nya gak kak?
      Oh iya, sekalian cp medsos kakak, untuk hal lain yang mau ditanyakan.
      Terimakasih sebelumnya kak.

      Delete
    3. https://mobile.facebook.com/groups/170738769612537?refid=27
      Oh iya, sekarang saya udah gak tinggal dirusunawa lagi, saya sudah kos di kos kosan biasa.
      Kalau ada pertanyaan bisa ke line: aanchan33

      Delete
  17. Kak kita kalo daftar dirusunawa gimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa datang langsung ke sekretariatnya. Dengan membawa perlengkapan (ktm/ktp, keterangan lulus snm/sbm,kartu bidikmisi kalau misal bidikmisi, pas foto)

      Delete
  18. Ukuran kamarnya brp kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kira-kira 3x5 meter (include kmar mandi)

      Delete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Kalo untuk pendaftaran rusunawa nya sendiri kapan ya ? dan bagaimana cara mendaftranya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama ada kamar kosong bisa daftar kapan saja dek. Langsung saja ke sekretariat dek rusunawa gedung A lantai 1

      Delete
  23. Kak kalo buat anak yang bukan bidikmisi bisa enggak ya kak?

    ReplyDelete
  24. Kak kalo buat anak yang bukan bidikmisi bisa enggak ya kak?

    ReplyDelete
  25. Kalo misalnya sekamar sendiri aja bisa ga? Trus utk listrik, air ada biaya tambahan lagi ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk itu bisa dikoordinasikan dengan pihal sekretariat. Tidak ada biaya untuk listrik dan air lagi. Udah over all

      Delete
  26. Kak klo gk dateng kerusunawanya boleh gk ya? Booking dari hp langsung transfer aja, gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dek. Coba di hubungi saja. Untuk persyaratan administrasi nyusul

      Delete
  27. Kak mau tanya lemarihya itu ada kuncinya gk? Terimakasih:)

    ReplyDelete
  28. Kak mau nanya, itu 200/300 itu satu kamar atau satu orang?

    ReplyDelete
  29. Kak mau nanya, itu 200/300 itu satu kamar atau satu orang?

    ReplyDelete
  30. Assalamualaikum
    Kak kalo bdikmisi katanya gratis.kok byarnya per tahun??

    ReplyDelete
  31. Kak.. kalo yg statusnya masih calon bidikmisi gimana??
    Trus misal daftar online, penerimaan kunci sama pembayarannya gimana??

    ReplyDelete
  32. Assalamualaikum kak disana ada peraturan ketat yg harus dipatuhi gk sih?

    ReplyDelete
  33. Itu rusun.a bayar apa engga ka ?

    ReplyDelete
  34. Kalo misal.a bayar brpa ka bayar.a ??

    ReplyDelete
  35. Ka kan kalo bidikmisi kan gratis ga bayar rusun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bidik misi bayar. Bedanya bidik misi pembayarannya bisa dicicil 3x

      Delete
  36. Kak di asrama khusus orang yang beragama islam atau campur

    ReplyDelete
  37. Mbak, untuk teman 1 kamar bisa milih? Misalnya mau 1 kamar sama teman sendiri?

    ReplyDelete