Friday 20 May 2016

Pengalaman Kuliah di Matematika Murni

Malem semua !
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya kuliah di matematika murni.
Nah mungkin dari kalian ada yang tanya nih.
"Kok milih kuliah dijurusan matematika ?",
"Dan kenapa matematikanya pilih yang murni ?"
Jawaban saya sih gini aja : "Awalnya saya ingin kuliah dijurusan keperawatan, tapi karena masalah kesehatan saya akhirnya pilih jurusan dimana masalah kesehatan tidak terlalu di perhatikan. Pilihannya ya sastra atau sains. Karena saya tidak suka membaca banyak buku apalagi harus diresume, ya saya pilih sains. Di sains ada matematika, biologi, kimia dan fisika. Setelah ditimbang-timbang akhirnya saya pilih matematika karena alasan tertentu. Pilihan pertama matematika murni, dan pilihan lain ada pendidikan fisika dan pendidikan matematika. Dan syukur Alhamdulillah saya di terima dipilihan pertama yaitu matematika murni. Subhanallah :)".
Awalnya saya masih kurang tau banyak ada apa sih di matematika murni ?. Terus bedanya dengan matematika pendidikan gimana ?.
Setelah beberapa bulan menjalani kuliah saya mulai menyadari. Di matematika murni tidak ada tuh mata kuliah yang ada kaitannya dengan bagaimana menjadi guru, mata kuliah umumnya cuma itu-itu saja. Lebih banyak mata kuliah langsung mengarah ke matematika, karena matematikanya benar-benar dipelajari dari awal sedetailnya dan dibuktikan teorema-teoremanya sampai lemmanya. Ketika jurusan lain sudah sampai matematika yang tingkat orde 2, kami anak matematika sendiri baru mempelajari orde 1. Karena jurusan lain cuma diambil kaitannya matematika dengan jurusannya, sedangkan anak matematika ya memang mempelajarinya matematika dengan detail. Anak matematika juga sering menyelesaikan masalah dengan logika dan runtut sistematis berdasar algoritma penalaran.
Nah, di matematika murni saya juga belajar praktikum matematika. Jangan dibayangkan praktikum menggunakan jas warna putih ya !. Praktikumnya anak matematika itu dengan komputasi. Kita menganalisis data dengan software seperti matlab, maple, spss, minitab, pomwin, dll. Disamping menganalisis dengan software kita juga diajarkan bagaimana kalo menyelesaikannya tanpa software.
Mata kuliahnya juga cukup banyak. Misaknya : Kalkulus 1, kalkulus 2, kalkulus 3, kalkulus variasi, Aljabar linier elementer, Aljabar 1, Aljabar 2, Aljabar 3, Analisis real 1, Analisis real 2, Program Linier, Riset Operasi, Program Bilangan Bulat, Program Non Linier, Logika Matematika, Matematika Diskrit, Kombinatorik, Persamaan Diferensial Biasa, Teori Persamaan Diferensial, Pemodelan Matematika, Matematika Keuangan, Kontrol Optimum, Sistem Dinamik, Aktuaria 1, Aktuaria 2, Geometri, dll.
Nah, mungkin ada yang berfikir "Emang kagak pusing tuh tiap hari matematika mulu?". Kalau saya sih santai saja, kan gak tiap waktu kuliah. Ada jam di kosan, ada libur, refreshing. Ada juga mata kuliah lain non matematis. Seperti : Teknologi Informasi, Keagamaan, Olahraga, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, PKN, Biologi, Program Internet, dll. Mata kuliah kita yang pilih sendiri, kecuali mata kuliah wajib ya harus diambil.
Bagaimana dengan PKL/KKL nya matematika ?. Ya anak matematika bisa PKL/KKL di berbagai bidang kok, di bank, di PDAM, di PLN, dll. Bisa dengan optimasi, graf, riset operasi, dll. Kalau KKN ya sana seperti jurusan lain. Kalau TA ada magang, bedah jurnal, dan penelitian.
Ini mungkin cerita dari ane tentang matematika murni yang ane tau, kalau ada saran atau pertanyaan atau kritik dapat di komentar. Terima Kasih :D

54 comments:

  1. Replies
    1. Hai dedek emesh yang mau punya dedek emesh juga :D

      Delete
    2. oh oh... beibeh, gua baru tau kalau ini blog lu wkwkwkwk.. sumpe sumpe sumpee

      Delete
  2. Gini. Kk
    Saya ingin sekali bisa sukses dgn baik di masa depan saya dengan program Matematika murni,
    Ada bbrpa pertanyaan, yang mungkin orang berpengalaman seprti kk dapat menjawab
    1. Apa saja fasilitas/alat yang diperlukan untuk jurusan ini baik wajib ataupun tidak ?
    2. Apa saja pekerjaan yang dapat diraih dengan lulusan jurusan ini ?
    3. Materi kuliah lainnya seperti Agama, Pkn, TIK dll, apakah dipelajari juga ? Apakah sepanjang kuliah ?
    4. Apa yang membuat seorang gagal atau lambat selesai kuliah ?
    5. Apa materi wajib matematika murni semester 1 (ini penting bagi saya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hay, saya akan mencoba menjawab dengan jawaban versi saya. Mungkin tiap orang akan berbeda.
      1. Untuk fasilitas yg diperlukan yg disiapin kita sendiri seperti kalkulator scientific, laptop/netbook yg bisa jalanin program (saya pake hp dgn windows 10 32 bit). Untuk yg lain muntkin sewajarnya kuliah pada umumnya.
      2.untuk pekerjaan bisa aktuaris, dosen/pengajar (butuh s2), di bank (ini bisa semua jurusan tpi denger cerita ada hal istimewah untuk math dan ekonomi), pengkaji data, dll.
      3. Untuk mata kuliah tersebut dipelajari cuma sekali, misal agama cuma disemester 1, pkn cuma disemeser 2, tik cuma disemester 3.
      4. Faktor malas sangat mempengaruhi, mahasiswa biasanya terlena kehidupan kampus/kos yg bebas dr pengawasan orang tua. Time manajemen yg tdk baik juga bisa mempengaruhi.
      5. Smster 1 dikampus saya ada kalkulus 1, pengantar logika matematika,aljabar linier elementer, metode statistika, tik, olahraga, dan agama. Tiap univ berbeda.

      Delete
  3. 1. Alat yg dibutuhkan laptop bwt pemrograman sm kalkulator
    2. Matematika murni luas bisa jadi apa aja ada yg jd dosen, kerja di bank, guru bimbel, asuransi, sm kerja kantoran fleksibel kok
    3. Sebagian doang yg dipelajari jatohnya kyk matakuliah umum, agama, pancasila, Pkn, sm isbd itu dr kampus gua yg jelas dijurusan matmur ini kita lbh bnyk bljr mtk deh yg lainnya ga kepake tik ga ada wkwk paling ada algoritma pemrograman disana kita bljr bwt program di aplikasi matlab. Di matkul ini logika lu hrs jln
    4. Terlalu bnyk ikut organisasi, jarang masuk kuliah, ga prnh bljr alias bljr cmn saat tes doang dan lbh fokus kerja sampingan kyk ngajar bimbel di banding kuliah. Trus lama nyari topik skripsi dan ngetiknya pake aplikasi latex ga pake ms. Word. Dan latex itu mayan ribet bagi yg ga prnh latihan make latex. Btw Fyi gua dpt tugas dr dosen gua bikin makalah pake latex dan udh lbh dr 4 bln ini msh blm selesai kebayang ga klo pake latex pas ngerjain skripsi wkwk
    5. Klo dikampus gua jmlh sks nya 21 untuk smt 1 seinget gua ada Bing matematika, pancasila, statistika dasar, kalkulus 1, pengantar dasar matematika, bindo, aljabar linear dan teori bilangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subhanallah, buat makalah pake latex ?, semangat ya mbak.
      Selama saya kuliah saya gak pernah pake latex, selalu pake word, dan saya liat kkak angktan yg skripsi juga ngetiknya pake word.

      Delete
  4. kak ,menurut kakak matematika murni ini banyak dibutuhkan gak di pekerjaan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo liat lowongan yg mencantumkan matematika murni, itu sedikit

      Delete
    2. untuk lowongan sih relatif ,
      matematika buat kedepannya banyak kepake kok ,
      contohnya data scientist,

      Delete
  5. ente kuliah dimana om ?

    ReplyDelete
  6. Kak apa di matematika murni ada pratikum dan membuat seperti di fisika,kimia dan biologi?disemester 1?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada praktikum komputasi. Berbeda dengan fsk, kim, dan bio. Tapi kita mrip statistika

      Delete
  7. Assalamualaikm,, kk,, mau tanya, kalau untuk matematika murni, biasannya kerja apa sehabis kuliah /bisa d bilang propesinya apa??
    Dan gajinya seberapa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pekerjaan tergantung kita milihnya, kebanyakan teman saya ketika ditanya ingin jadi dosen, aktuaris, dan bankir

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Hallo. Saya kuliah dengan jurusan pendidikan matematika, dan setelah saya baca artikel anda, sepertinya mata kuliah kami juga seperti yang disebutkan di artikel masnya :)
    Saya rasa sebelumnya juga terlalu berat jika saya bandingkan dengan program studi pendidikan matematika di campus lain. Tapi saya bersyukur tetap enjoy di campus saya dengan mata kuliah wajib yang hampir sama dengan matematika murni, mempelajari dari detail theorem sampai lemmanya.. amazing, mathematic is fun. Good luck buat penulisnya.

    ReplyDelete
  10. kak.. saya mau tanya, lebih sulit matematika murni apa pendidikan matematika ya ?

    ReplyDelete
  11. Kak saya mau tanya, apakah jurusan matematika murni sangat membutuhkan penalaran dan IQ yang tinggi?

    ReplyDelete
  12. kak saya mau tanya, kalau lulusan s1 mat murni itu apa bisa jadi guru? sambil kuliah s2 juga biar jadi dosen?hehehee, tolong dijawab dong butuh informasi sayanya, ehehehe

    ReplyDelete
  13. Assalamu'alaikum wr.wb
    kak saya mau tanya
    Seberapa sulit perjalanan di tempuh dalam jurusan matematika murni?

    ReplyDelete
  14. Assalamu'alaikum wr.wb
    kak saya mau tanya
    Seberapa sulit perjalanan di tempuh dalam jurusan matematika murni?

    ReplyDelete
  15. salam math kak,!
    apa saja sih pekerjaan stlah lulus d matematika murni? kalo akuntansi bisa ga?

    ReplyDelete
  16. Kak pelajaran nya di matematika murni ribet gak kak ?

    ReplyDelete
  17. Kak, berarti kkl yg jurusan matematika murni tidak di sekolahan jd guru ya kak?

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Kaa, olahraga nya ngapain aja ka? Trus kita harus olahraga sampe brp smester?
    Aku udah bayangin klo kuliah enak gada olhraga eh trnyata ada����������

    ReplyDelete
  20. Kaka kalau kan saya minat banget sama mtk ... Tpi sekarang sya ..kuliah jurusan budidaya perairan ... Emm kalo pindah jurusan bisa gk y kkk

    ReplyDelete
  21. Kakk maaf mo nanya kakak kuliah di jurusan matematika murni perlu software ya kak? Kira kira softwarenya Aslinya mahal apa tdak kak? Atau di kampus kaka disediakan fasilitas dengan juga softwarenya?

    ReplyDelete
  22. Kak kan kakak masuk di matematika bukan dari keinginan awal, nah gimana caranya kakak beradaptasi sama pelajaran di matematika? Kok bisa menerima pelajaran itu

    ReplyDelete
  23. Kak mau tanya kalo masuk matmurni bikin skripsi juga? Kalo mat murni skripsinya isinya apa kak

    ReplyDelete
  24. Kak mau tanya??

    Mate-matika murni nggak bisa nonreguler ya kk?

    ReplyDelete
  25. Kak jurusan matenatika murni bisa kerja di bappeda/balitbang nggak kak?

    ReplyDelete
  26. Terimakasih kasih Ka sharing nya.

    ReplyDelete
  27. Min, gimana naikin ipk yang pas-pasan, ane kuliah di jurusan matematika juga, masih maba lagi ��

    ReplyDelete
  28. Jurusan matematika kok ada matkul biologi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu menjawab, matkul biologi ada di matkul pilihan, bukan wajib

      Delete
  29. Kak minta bantuan dong.. aku kan mau ikut tes kuliah. Saya ambil jurusan matematika.. kira 2 apa yg harus saya pelajari ya kak... bingung kak. Mau belajar darimana..

    Mohon bantuannya ya kak

    ReplyDelete
  30. Ka mau tanya,menurut kaka bagaimana kaka menanggapi seseorang yg kurang bisa berlogika dan analisis namun org tsb sudah ingin masuk matematika murni?

    ReplyDelete
  31. Ka mau tanya matematika murni itu nanti ada pelajaran ipanya gg? Misal fisika bio kimia gitu

    ReplyDelete
  32. gan , untuk daerah jabodetabek , rekomen kampus yang ada matematika murni nya donk ,

    ReplyDelete
  33. Apakah jurusan matematika membosankan?
    Membingungkan? Dan sulit?

    ReplyDelete
  34. The post is written in very a good manner and it contains much useful information for me. If you are interested in Pop Up Tents, please check the link.

    ReplyDelete
  35. Kak, lebih sulit matematika murni apa pendidikan matematika ya. Terus kalau milih pendidikan matematika bisa jadi dosen nggak?

    ReplyDelete
  36. Kak, lebih susah yang matematika murni apa pendidikan matematika kak? Kalo pendidikan matematika bisa jadi dosen ngga kak?

    ReplyDelete